Buku ini merupakan dokumentasi 4 skenario hasil lokakarya intensif antara 28 pemangku kepentingan sektor energi di Indonesia dengan menggunakan metode


download 120.82 Kb.
jenengBuku ini merupakan dokumentasi 4 skenario hasil lokakarya intensif antara 28 pemangku kepentingan sektor energi di Indonesia dengan menggunakan metode
Kaca1/8
KoleksiBuku
e.kabeh-ngerti.com > Ekonomi > Buku
  1   2   3   4   5   6   7   8



Skenario Bandung:

Paras Energi Indonesia 2030




Buku ini merupakan dokumentasi 4 skenario hasil lokakarya intensif antara 28 pemangku kepentingan sektor energi di Indonesia dengan menggunakan metode Transformative Scenario Planning. Sebelum membaca keempat skenario tersebut, untuk memahami secara utuh metode yang digunakan dan apa yang ingin dihasilkan dari inisiatif ini, pembaca dimohon untuk memahami bagian “Tentang Skenario Bandung” di halaman 6 dan penjelasan metodologi di halaman 48.

Kata Pengantar



Pada 2014, Indonesia memasuki masa transisi. Sebagai negara demokrasi terbesar ketiga dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia serta memiliki perekonomian terbesar di Asia Tenggara, Indonesia baru saja melewati perubahan bersejarah dalam dunia politik dengan memilih seorang presiden yang berasal dari generasi baru pemimpin politik. Negara dengan 13.466 pulau yang membentang sepanjang 5.150 km ini memberikan mandat kepada presiden terpilih untuk menghadapi tantangan-tantangan baru politik, sosial, dan ekonomi. Indonesia telah menempuh perjalanan jauh sejak terjadinya “reformasi” 16 tahun lalu yang menghasilkan demokrasi dan desentralisasi. Presiden terpilih kini menghadapi tantangan untuk melanjutkan keberhasilan yang sudah dicapai dan membuka jalan baru bagi masa depan bangsa. Penyediaan energi dan penerapan perubahan pada sektor energi merupakan salah satu tantangan utama, atau mungkin yang terbesar, bagi Indonesia.

Masa depan energi di Indonesia masih belum pasti. Namun, masih tersisa 16 tahun lagi menuju 2030. Setiap keputusan yang diambil dalam beberapa tahun ke depan dapat berujung pada arah dan skenario yang berbeda-beda. Indonesia perlu untuk mempertimbangkan dan merencanakan masa depan energi. Sebagai negara kelautan dan kepulauan, kisah mengenai kapal yang berlayar di samudera dan menghadapai berbagai kondisi cuaca, dapat digunakan untuk meneliti dan menguraikan empat skenario yang mungkin terjadi di sektor energi di Indonesia pada 2030. Dengan menggunakan empat skenario yang menggambarkan berbagai dinamika yang mungkin terjadi, para pemangku kepentingan di Indonesia secara bersama-sama dapat membahas beragam permasalahan dan tantangan yang dihadapi beserta penyikapannya guna memperoleh hasil optimal bagi masa depan energi Indonesia. Berbagai kisah petualangan mengarungi samudera dan menantang ombak ini membantu kita untuk berfokus pada langkah-langkah yang harus diambil dalam menyikapi tantangan dan menghindari kerugian.

Energi dan sumberdaya energi selalu menjadi permasalahan sentral bagi pemerintahan dan ekonomi Indonesia. Energi menjadi salah satu prioritas nasional pemerintahan Kabinet Indonesia Bersatu II (2009-2014) dan akan menjadi permasalahan yang lebih sentral lagi bagi pemerintah dan para pemimpin-politik yang baru. Setelah melewati satu dasawarsa pemerintahan yang stabil di bawah pimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, transisi politik menyediakan diri untuk memperbaharui fokus dan pendekatan kita dalam menghadapi tantangan sektor energi Indonesia pada masa kini dan masa mendatang.

Rancangan skenario (scenario planning), mencakup aspek-aspek dari pemikiran sistem (systems thinking), merupakan sebuah metodologi perencanaan strategis dalam rangka mengembangkan rencana-rencana jangka panjang yang luwes. Melalui metodologi tersebut, kita dapat membangun skenario-skenario tentang masa depan energi di Indonesia pada 2030 serta memikirkan target jangka panjang secara serius. Hanya dengan merencanakan dan memikirkan sejak dini lah kita dapat menghindari kerugian yang mungkin dialami esok. Kasus transisi di Afrika Selatan dari rezim apartheid ke pemerintahan Nelson Mandela, misalnya, merupakan sebuah contoh dari keberhasilan pemanfaatan perencanaan skenario dalam menyediakan tapak-tapaknya menuju masa depan. Melalui pengembangan empat kemungkinan perencanaan skenario, narasi mengenai bangunan haluan masa depan negara memengaruhi pengambilan kebijakan menuju Afrika Selatan sebagaimana yang kita saksikan sekarang.

Indonesia bukan Afrika Selatan. Situasi sektor energinya pun tak sama dengan keseluruhan situasi di Afrika Selatan pada 1989. Meski demikian, adanya trayektori yang jelas tentang pengembangan dan terbentuknya sektor energi di Indonesia pada 2030 dapat menyajikan informasi dan panduan kepada segenap pemangku kepentingan terkait. Trayektori itu juga dapat menyumbangkan masukan-masukan berharga kepada pemerintahan baru dalam menyusun kebijakan dan strategi baru bagi sektor energi di Indonesia. Skenario-skenario ini dapat membantu dalam memicu debat hangat, memfokuskan pikiran seluruh elemen bangsa, dan menggabungkan pengetahuan kolektif demi menyikapi isu-isu mendasar yang dihadapi. Berlandaskan semangat inilah 28 pakar energi dari pemerintah, partai politik, badan usaha milik negara (BUMN), perusahaan swasta, akademisi, dan organisasi masyarakat madani Indonesia menggalang kerja sama menciptakan skenario bagi sektor energi di Indonesia. Tujuannya adalah untuk berkontribusi dalam mewujudkan masa depan Indonesia dan menciptakan diskusi menyoal solusi-solusi agar pemerintah dan presiden baru Indonesia dapat bahu-membahu menciptakan kebijakan energi berkelanjutan pada 2030.
  1   2   3   4   5   6   7   8

Share ing jaringan sosial


Similar:

Buku saku ini mencoba menjelaskan Islam dan Bank Syariah mulai dari...

Agenda Setting hasil rapat Newsroom bersama Kemen Kominfo dengan lkbn antara

Usaha yang menggunakan internet merupakan suatu usaha yang sangat...

Buku ini dan semua karya Harun Yahya dapat dibaca secara terpisah...

Buku Panduan Hibah Kompetitif Penelitian Strategis Nasional ini merupakan...

Aj kali ini akan menghuraikan secara ringkas berhubung warisan Rasulullah...

Hubungan antara Partisipasi dalam Pengembangan Sistem Informasi dengan...

Analisis kinerja keuangan pt. Berlian laju tanker tbk dengan menggunakan...

Kegiatan perbankan merupakan aktifitas suatu kelompok yang profesional...

Workshop, lokakarya, seminar mengenai perubahan kurikulum akuntansi...

Ekonomi


Nalika Nyalin materi nyedhiyani link © 2000-2017
kontak
e.kabeh-ngerti.com
.. Home