Bab II sistem informasi manajemen pengertian Sistem Informasi Manajemen


download 189.71 Kb.
jenengBab II sistem informasi manajemen pengertian Sistem Informasi Manajemen
Kaca1/7
KoleksiDokumen
e.kabeh-ngerti.com > Gambar > Dokumen
  1   2   3   4   5   6   7

Sistem Informasi Manajemen

BAB I

PENDAHULUAN




Apakah yang dapat dilakukan oleh Sistem Informasi Manajemen ? Banyak organisasi atau perusahaan yang ingin membangun Sistem Informasi Manajemen-nya sendiri dan telah banyak mengeluarkan dana, namun ternyata tidak sedikit yang mengalami kegagalan. Hal ini antara lain disebabkan oleh kurangnya perencanan keseluruhan yang memadai, kurangnya personil sistem informasi yang memadai, dan kurangnya partisipasi manajemen dalam bentuk keikutsertaan manajer dalam merancang sistem.

Penilaian secara imbal-tarik (trade off) antara beaya dan manfaat (cost / benefit) secara obyektif akan menunjukkan bahwa suatu organisasi tertentu harus merencanakan sistem informasi yang baik. Karena Sistem informasi manajemen yang baik, akan menghemat beaya, meningkatkan pendapatan, serta keuntungan tak ternilai yang muncul dari informasi yang sangat bermanfaat. Dalam praktek manajemen untuk mencapai tujuan organisasi, permasalahan bukan terletak pada bagaimana membangun sistem informasi manajemen yang terbaik, namun bagaimana Sistem informasi manajemen mampu menyeimbangkan antara beaya dan manfaat yang akan diperoleh.

Secara teoritis, komputer bukan persyaratan mutlak bagi sebuah Sistem informasi manajemen, namun dalam praktek sistem informasi manajemen sangat membutuhkan bantuan pemrosesan dari komputer. Meskipun demikian perlu dipahami, bahwa dalam setiap sistem informasi manajemen akan selalu ada unsur yang non komputer.

Sistem informasi manajemen merupakan sekumpulan sistem informasi yang saling berinteraksi, yang memberikan informasi baik untuk kepentingan operasional maupun kegiatan manajerial. Interaksi yang ada dari sub sistem informasi dalam Sistem informasi manajemen, mempunyai arti adanya derajat keterpaduan (degree of integration) sampai tingkat tertentu dari berbagai sistem informasi yang terlibat, dan ini merupakan hal-hal yang lebih lanjut akan dibahas dalam bab-bab berikutnya.


BAB II

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN


  1. Pengertian Sistem Informasi Manajemen


Sistem informasi manajemen dapat diartikan sebagai sekumpulan elemen atau subsistem atau bagian yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama dan membentuk satu kesatuan; saling berinteraksi dan bekerjasama antara bagian yang satu dengan yang lain dengan cara-cara tertentu untuk melakukan fungsi pengolahan data; menerima masukan (input) berupa data, kemudian mengolahnya (processing), dan menghasilkan keluaran (output) berupa informasi yang berguna dan mempunyai nilai nyata yang dapat dirasakan akibatnya, sebagi dasar bagi proses pengambilan keputusan, mendukung kegiatan manajemen dan operasional; dengan memanfaatkan berbagai sumber daya yang ada dan tersedia bagi proses tersebut buna mencapai tujuan.

Definisi yang lain dari sistem informasi manajemen , sebagaimana dikemukakan oleh Gordon B. Davis , sistem informasi manajemen adalah sebuah sistem manusia – mesin yang terpadu untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi manajemen dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi. Sistem ini menggunakan perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), komputer, prosedur, pedoman, model manajemen dan keputusan, dan sebuah database.

George M. Scott Mendefinisikan sistem informasi manajemen sebagai kumpulan dari interaksi sistem informasi yang menyediakan informasi, baik untuk kebutuhan manajerial maupun operasional.

Dari beberapa pengertian tersebut diatas dapat dirangkum bahwa sistem informasi manajemen adalah :

  • Kumpulan dari interaksi sistem – sistem informasi

  • Menghasilkan informasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen

Secara teoritis, komputer tidak harus digunakan dalam Sistem informasi manajemen , tetapi dalam kenyataannya tidaklah mungkin sistem informasi manajemen yang kompleks dapat befungsi tanpa melibatkan elemen non komputer dan komputer. Dari definisi yang dikemukakan oleh Gordon B. Davis , elemen non komputer adalah sistem manusia dalam elemen komputer adalah sistem mesin. Lebih lanjut disebutkan bahwa sistem informasi manajemen selalu berhubungan dengan pengolahan informasi yang berbasis komputer ( computer based information processing)

Sistem informasi manajemen merupakan suatu sistem yang melakukan fungsi-fungsi untuk menyediakan semua informasi yang mempengaruhi semua operasi organisasi. Sistem informasi manajemen merupakan kumpulan dari sistem informasi – sistem informasi yang bergantung pada besar kecilnya organisasi. Adapun sistem informasi – sistem informasi tersebut pada garis besarnya terdiri dari :

  1. Sistem Informasi Eksekutif ( Executive Information System ).

  2. Sistem Informasi Pemasaran ( Marketing Information System)

  3. Sistem Informasi Manufaktur (Manufacturing Information System)

  4. Sistem informasi Keuangan ( Financial Information System)

  5. Sistem Informasi Sumberdaya Manusia ( Human Resources Information System)




  1. Tujuan Sistem Informasi Manajemen

Suatu SIM (sistem informasi manajemen ) dikembangkan dengan tujuan sebagai berikut :

  • Agar organisasi dapat beroperasi secara efisien. Sistem informasi manajemen mengerjakan pekerjaan-pekerjaan rutin secara lebih cepat dan mudah. Efisensi dapat dicapai berkat prestasi sistem pengolahan transaksi ( Transaction Processing System), contoh sistem penerimaan gaji, sistem akuntasi, sistem personalia, sistem persediaan dan sebagainnya.

  • Agar organisasi dapat beroperasi secara efektif. Efektifitas ini dimaksudkan agar dapat mencapai target dari sistem pendukung keputusan ( Decision Suport System / DSS). DSS ini memberikan informasi khusus kepada para pembuat keputusan dengan informasi dan model-model tersebut dapat ditampilkan setiapkali dibutuhkan, sehingga para manajer dapat mengambil keputusan dengan lebih baik.

  • Agar organisasi dapat memberikan pelayanan yang lebih baik. Dengan sistem informasi manajemen maka kebutuhan terhadap informasi dapat segera dipenuhi dengan mudah yang pada akhirnya akan mampu meningkatkan kualitas pelayanan kepada konsumen. Contoh, penggunaan perangkat sistem Auto matic Teller Machine (ATM) pada Bank.

  • Agar organisasi dapat meningkatkan kreasi / improvisasi terhadap produk yang dihasilkan. Hal ini sangat dimungkinkan karena Sistem informasi manajemen akan mengintegrasikan informasi – informasi dalam organisasi sehingga dapat membantu pengembangan usahanya melalui kreasi-kreasi produk baik barang maupun jasa. Misalnya suatu Bank yang melebarkan usahanya dalam bidang pelayanan jasa asuransi, pelayanan pembayaran rekening telepon, listrik dan sebagainya.

  • Agar organisasi dapat meningkatkan usahanya. Sistem informasi manajemen yang baik akan meningkatkan pangsa pasar terhadap produk yang dihasilkannya. Sistem informasi manajemen akan dapat mengakibatkan terjadinya ketergantungan konsumen terhadap pelayanan yang diberikan organisasi tertentu sehingga konsumen merasa enggan untuk berpindah pada organisasi / perusahaan lain.




  1. Konsep Data dan Informasi

Data merupakan bahan mentah informasi, sedangkan informasi sebagai data yang telah diolah merupakan suatu bentuk yang penting bagi penerimanya dan bermanfaat dalam mengambil keputusan saat ini atau yang akan datang.

Hubungan antara data dan informasi adalah seperti bahan baku dan bahan jadi, analogi ini memunculkan konsep bahwa informasi bagi seseorang mungkin dipandang sebagai data. Misalnya laporan slip gaji pegawai merupakan informasi bagi staf bagian keuangan, tetapi masih merupakan bahan mentah atau data bagi pimpinan perusahaan. Daftar pelanggan merupakan informasi bagi staf bagian sirkulasi, tetapi merupakan data bagi direktur keuangan.

Proses transformasi data menjadi informasi dapat digambarkan dalam gambar 1 berikut ini :

Gambar 1

Transformasi Data Menjadi Informasi


Unit Pengolahan Data








  1   2   3   4   5   6   7

Share ing jaringan sosial


Similar:

Pengaruh partisipasi dan ketidakpastian tugas dalam pengembangan...

Tugas I sistem Informasi Manajemen Bank

Makalah ini di susun untuk memenuhi tugas mata kuliah sistem informasi manajemen

Modul 1 manajemen keuangan konsep dasar manajemen keuangan pengertian...

1928 Judul Skripsi/Tugas Akhir Teknik Informatika, Manajemen Informatika,...

Bagi kawan-kawan sesama mahasiswa terutama jurusan Teknik Informatika,...

Pengenalan pada manajemen informasi

Sistem Manajemen Strategis

Abstrak perkembangan teknologi informasi mempunyai dampak yang sangat...

Sumberdaya informasi dan sistem informasi

Ekonomi


Nalika Nyalin materi nyedhiyani link © 2000-2017
kontak
e.kabeh-ngerti.com
.. Home